Loading...
Pendidikan

3 Kampus S2 Online Yang Bisa Jadi Pilihan

kuliah s2 online

Selama pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang berubah menjadi online, termasuk kuliah S2. Saya sendiri mengalami hal yang sama, di awal pendidikan S2 saya di SBM ITB, saya masih sempat mengalami kuliah tatap muka, namun di tengah semester pertama kami harus berpindah ke kuliah online.

Setelah saya mengalami kuliah S2 online selama 1 tahun lebih, saya merasa ternyata kuliah online untuk S2 cukup efektif. Karena menyadari peluang kuliah online di masa pandemi ini, beberapa kampus mulai menawarkan program S2 online. Bukan tidak mungkin program ini bertahan bahkan setelah pandemi selesai, karena memang cukup menarik dan tetap efektif.

Kalau kamu melamar kuliah S2 saat ini di masa pandemi, kemungkinan besar kamu akan kuliah online, jadi bisa saja kamu yang ada di Aceh ikut kuliah S2 di SBM ITB Bandung misalnya, tapi tentu bila nanti perkuliahan tatap muka sudah bisa dilaksanakan, kamu akan diminta untuk hadir kuliah di kampus.

Oleh karena itu, bila kamu berada di daerah yang belum ada program S2 dari kampus yang kamu incar, mungkin kamu bisa mencari program S2 online yang mereka tawarkan. Sayangnya belum banyak kampus yang menawarkan program S2 online, kebanyakan baru program S1 seperti di Binus dan LSPR.

Namun karena kuliahnya online, kamu bisa meluaskan pilihan kamu ke kampus yang ada di luar negeri.

Berikut pilihan kampus yang menawarkan program S2 online baik di dalam maupun luar negeri.

1. Universitas Terbuka (UT)

Pasti kamu udah pernah dengar tentang Universitas Terbuka (UT). Salah satu kampus yang sudah lama berdiri dan menawarkan program yang fleksibel sehingga cocok untuk orang yang kuliah sambil bekerja.

UT menawarkan program online di bidang magister management (MM). Proses pembelajaran dan ujian dilakukan online kecuali saat ujian semester (UAS) dan sidang thesis.

Lebih lengkapnya bisa kamu simak di website Universitas Terbuka – Magister Management Online.

2. Telkom Univesity (Tel-U)

Kampus yang dulunya bernama STT Telkom ini menawarkan juga program magister online yang disebut Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ. Perkuliahan di program PJJ ini dilakukan full online, mahasiswa belajar mandiri dan tatap muka dengan dosen melalui sistem Learning Management System (LMS).

Lebih lengkapnya bisa kamu lihat di Telkom University – S2 PJJ Manajemen.

3. Quantic

Quantic menyebut dirinya sebagai sekolah bisnis masa depan. Bukan klaim yang berlebihan karena Quantic menawarkan program online mobile-first yang berkualitas. Quantic sendiri adalah sekolah bisnis yang berpusat di Washington, DC, Amerika Serikat. Quantic dijalankan layaknya perusahaan startup namun menawarkan program S2 bisnis.

Untuk saat ini program yang mereka fokuskan adalah program MBA dan Executive MBA (EMBA).

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek di website mereka Quantic.edu.


Bagaimana? Lumayan menarik kan pilihan program S2 online yang ditawarkan universitas-universitas. Sayangnya belum banyak program yang ditawarkan dan yang ada masih terbatas di area management. Semoga di masa depan semakin banyak ya kampus yang menawarkan program S2 online.

Sebelum kamu mengambil keputusan untuk kuliah online, jangan lupa simak Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online.

Apabila kamu ada pertanyaan, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Apabila kamu memiliki info kuliah online yang lain, silakan tinggalkan komentar agar pembaca yang lain bisa tahu.

Akhir kata, selamat merencanakan kuliah S2 kamu, ini adalah investasi besar untuk hidup kamu, maka perlu dipikirkan baik-baik. Semangat!

One comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Pilihan