Loading...
Pendidikan

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Saat ini mulai banyak kampus yang menawarkan kuliah online, namun apakah kuliah online itu efektif? Simak pembahasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan kuliah online berdasarkan pengalaman saya berkuliah online selama satu tahun lebih di SBM ITB.

Kelebihan Kuliah Online

1. Lokasi fleksibel

Kelebihan utama dari kuliah online adalah kamu bisa kuliah di mana saja! Tidak harus datang ke kampus, bahkan tidak usah berada di kota kampus itu berada. Kamu bisa kuliah di UI atau ITB dari Sorong ataupun Banda Aceh, bisa kuliah di rumah, kafe, atau di pasar (oke, ga di pasar juga mungkin ya…).

2. Biaya cenderung lebih murah

Beberapa kampus memberikan diskon untuk kuliah program online. Hal ini wajar karena adanya pengurangan biaya yang perlu dikeluarkan misalnya biaya makan, listrik, atau internet untuk mahasiswa. Saat saya di SBM ITB, kami sempat mengalami diskon biaya kuliah, sayangnya hanya satu semester, setelah itu biaya kembali normal (lho kok jadi curcol).

3. Tidak perlu ke kampus

Ini adalah kelebihan yang saya sangat sukai, tidak perlu ke kampus artinya tidak perlu bangun terlalu pagi! Kamu bahkan bisa kuliah walaupun belum mandi dan masih muka bantal dan belekan. Tapi sebaiknya tetap mandi ya, agar segar dan bisa menyerap ilmu dengan optimal.

4. Semua materi online

Hampir semua materi kuliah akan dibagikan secara online berupa e-book. Artinya kamu tidak usah membawa dan menyimpan banyak buku. Sebagai bonus, lebih ramah lingkungan juga!

5. Ada rekaman kuliah

Beberapa kampus merekam dan mendistribusikan proses kuliah sehingga kamu bisa menonton ulang perkuliahan yang berjalan. Tidak semua kampus memberikan rekaman ini karena ada concern privacy atau hak cipta.

6. Bisa kuliah sambil rebahan

Karena lokasinya fleksibel dan sering bisa off-camera, kamu jadi bebas berpose saat kuliah. Bisa kuliah sambil duduk, berdiri, atau bahkan rebahan. Tapi hati-hati jangan sampai ketiduran ya!

Kekurangan Kuliah Online

1. Diskusi kurang optimal

Karena kuliah menggunakan media video call, jadinya agak sulit untuk berdiskusi yang hidup seperti di kelas. Kita harus raise hand dan menunggu bergiliran untuk dipanggil dosen. Agak sulit juga untuk bisa berdebat.

2. Networking kurang terbangun

Perkuliahan online membuat hampir tidak adanya waktu untuk mengobrol sesama mahasiswa. Padahal salah satu tujuan kuliah, apalagi S2, adalah untuk membangun relasi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke kelas online lebih pagi dan mengobrol santai dengan teman-teman di ruangan kelas online sebelum kelas dimulai.

3. Tidak bisa menikmati fasilitas kampus

Fasilitas kampus seperti perpustakaan, kantin, area belajar, dan ruang kelas menjadi asing untuk kamu yang kuliah online. Untungnya beberapa kampus masih menyediakan perpustakaan online sehingga kamu masih bisa merasakan sebagian fasilitas.

4. Fokus lebih rendah

Kuliah online, apalagi di rumah, sangat rentan terhadap distraksi. Kamu sedang kuliah, ibumu memanggil, anakmu masuk ke ruangan dan minta dipangku, kucingmu tiba-tiba lewat di depan kamera. Selain itu banyak juga suara-suara dari tetangga motor lewat, tukang sayur, atau tukang roti. Belum lagi kamu yang tergoda untuk main HP karena sedang off-camera. Butuh disiplin dan determinasi yang tinggi untuk bisa fokus saat kuliah online!


Sekian beberapa kelebihan dan kekurangan kuliah online. Seperti biasa, bila ada pendapat atau pertanyaan, silakan ditulis di kolom komentar di bawah. Salam.

One comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Pilihan