Halo pecinta kucing! Kali ini saya akan memberikan review tentang “gadget” untuk kucing kesayangan kita. Alat yang akan saya review adalah produk dari PETKIT yaitu tempat minum water fountain Eversweet Solo. Dalam review Petkit Eversweet Solo ini saya akan bahas beberapa kelebihan dan kekurangannya dari pengalaman saya menggunakannya selama lebih dari 6 bulan.

Awalnya anak bulu saya, Candy, minum di tempat minum kucing biasa. Kadang dari yang bahan stainless, kadang dari bahan plastik. Lalu kami perhatikan Candy beberapa kali mencoba minum dari gelas air minum kami, akhirnya kami belikan dia gelas khusus yang lebar agar dia semangat minumnya, dan ternyata dia jadi semangat sekali minumnya. Memang kebahagiaan orang tua itu saat anak lahap makannya dan rajin minumnya…

Tahukah kawan kenapa kucing lebih senang minum di air yang baru, di tempat stainless, gelas, atau air yang mengalir? Itu karena airnya dingin kawan-kawan. Kucing itu suka sekali air dingin! Dan bentuk ultimate air dingin itu adalah air yang mengalir! Tapi bagaimana caranya agar air minum kucing kesayangan kita bisa mengalir terus? Kan ga mungkin buka keran air terus… Water fountain untuk kucing adalah solusinya!

PETKIT Eversweet Solo

Ada banyak pilihan water fountain yang tersedia di pasaran, salah satu merek yang populer di netizen Indonesia adalah merek PETKIT. Ada berbagai pilihan produk yang dimiliki PETKIT, mulai dari water fountain, tempat makan, mainan, scratch board, dan lain-lain. Water fountain yang ditawarkan pun beragam tipe dengan berbagai pilihan harga, yang range atas contohnya memiliki fitur fountain yang akan menyala otomatis bila didekati kucing, varian yang lebih rendah yang saya miliki yaitu PETKIT Eversweet Solo tidak menyala otomatis, namun memiliki timer yang akan menyalakan fountain selama 3 menit lalu mati 3 menit berikutnya untuk menghemat konsumsi listrik.

Kucing mungkin awalnya bingung karena bentuknya

Waktu pertama kali Candy kucing saya diberi minum di PETKIT Eversweet ini dia tidak langsung mengerti kalau itu adalah tempat minum, ini adalah hal yang wajar. Ajari saja dengan mencolek air dari fountain ke mulutnya atau sodorkan mulutnya ke fountain. Tidak sampai satu hari, Candy sudah paham kalau ini adalah tempat minum dan dia sangat excited sampai minum tidak berhenti, sepertinya sangat segar ya airnya.

Kelebihan PETKIT Eversweet Solo

Bentuknya bagus

Rangkaian produk Eversweet semuanya memiliki design yang cukup bagus dan modern. Dengan lengkungan yang elegan, warna yang menarik, dan lampu yang tidak norak, membuatnya tidak merusak pemandangan rumah, bahkan bisa menjadi hiasan.

Kucing suka sekali minum di sini

Yang paling penting tentu kucing suka sekali minum di sini. Candy suka sekali minum langsung di tempat airnya memancur, kucing lain mungkin akan suka minum di bagian air menggenang. Di manapun itu, kucing suka sekali minum di alat ini karena airnya pasti segar dan dingin karena selalu mengalir.

Kekurangan PETKIT Eversweet Solo

Konsumsi listrik

Water fountain ini memerlukan listrik untuk menggerakkan motor yang akan mendorong airnya. Karena itu akan ada tambahan konsumsi listrik di rumah. Namun jangan khawatir karena konsumsinya tidak begitu banyak kok. Kalau ingin lebih hemat listrik, bisa juga memilih varian yang lebih tinggi yang hanya akan menyala saat kucing mendekat.

Kadang fountain dalam kondisi mati saat kucing mau minum

Karena saya membeli varian Eversweet Solo yang menyala menggunakan timer setiap 3 menit, ada kalanya fountain dalam keadaan mati saat kucing datang mau minum. Sebagai owner yang baik, kami biasanya buru-buru menekan tombol power agar fountainnya langsung menyala. Memang ada juga setting agar fountain terus menyala, tapi tentu lebih boros listrik ya. Agak dilematis memang antara pilih varian murah yang pakai timer atau varian mahal yang menyala otomatis saat kucing mendekat. Bila tanya saya sekarang, saya akan rekomendasikan varian yang lebih mahal karena lebih hemat listrik dan kucing juga akan lebih bahagia karena selalu menyala saat dia akan minum.

Membersihkannya agak repot

Berbeda dengan tempat minum dari mangkok atau gelas yang tinggal dicuci biasa, membersihkan Eversweet ini agak repot karena harus dibongkar dan disikat. Ohya, jangan cuci pakai sabun ya! Cukup pakai air saja.

Mencucinya disarankan tiga hari sekali dan sebulan sekali untuk mencuci bagian motornya.

Filter perlu diganti berkala

Untuk menjaga air tetap bersih, Eversweet dilengkapi filter air yang berfungsi untuk menangkap kotoran yang ada di air. Filter ini lama kelamaan akan kotor sehingga perlu diganti setiap tiga bulan. PETKIT menjual filter ini dalam set berisi lima. Saya tidak tahu apakah ada filter yang dijual selain oleh PETKIT, ya semoga saja selama pakai produk ini PETKIT masih tetap ada agar masih ada supply filter.

Sambungan listrik motor rawan korosi

Di bulan ke-enam pemakaian, saya mengalami kerusakan pada unit Eversweet saya berupa patahnya sambungan power motor. Kerusakan ini terjadi saat pembersihan bulanan motor yang sesuai instruksi memerlukan motornya untuk dilepas dari powernya.

Patahnya batang colokan ini terjadi karena korosi yang terjadi di pangkal batang karena tutup power yang kurang kedap atau menutupnya yang kurang rapat. Untuk mencegahnya sebaiknya saat menutup cover powernya, putar sekuat dan seketat mungkin. Atau kalau mau aman bersihkan saja dalam keadaan tersambung, bisa kok dibersihkan saat tersambung walau agak repot.

Oh ya, kerusakan seperti ini tidak ditanggung garansi karena dianggap kerusakan karena pemakaian. Untungnya kerusakan ini bisa saya akali dengan memasukkan patahannya ke lubang colokan dan memasang colokan sisanya seperti biasa, untungnya masih mau nyala.


Sebagai penutup, PETKIT Eversweet Solo adalah produk yang direkomendasikan karena akan membuat kucing Anda semakin bahagia. Sayangnya memang harganya agak mahal dan perlu perawatan ekstra. Namun semua itu sebanding untuk kebahagiaan anak bulu kita.

Salam catlover.

Published On: December 6th, 2021 / Categories: Review / Tags: , , , /

Berlangganan tulisan terbaru

Notifikasi langsung ke email kamu