Loading...
Review

Review Mouse Logitech M220 Silent – Mouse Yang Senyap, Empuk, dan Presisi

Bulan lalu mouse gratisan yang didapat sebagai bonus saat beli laptop akhirnya rusak, scroll wheelnya ngaco, di scroll ke bawah malah naik turun…

>> Baca juga: Review Laptop Dell XPS 13 2-in-1 7390 – Laptop Gaya Yang Bisa Jadi Tablet

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebuah mouse baru.

Dalam memilih mouse saya tidak terlalu picky, yang penting bisa berfungsi dengan baik. Saya tidak mencari mouse gaming yang warna-warni, atau yang tombolnya banyak, atau yang ada lampu-lampunya. Mouse ini akan saya pakai kemana-mana, termasuk bekerja ke kantor atau bertemu rekanan, jadi penting untuk memiliki tampilan mouse yang “normal”.

Singkat cerita saya cari-cari lah di e-commerce yang berwarna hijau. Saya spesifik mencari merek logitech, karena itu merek mouse dan keyboard yang saya tahu bagus.

Setelah scroll-scroll akhirnya ketemulah dengan mouse ini, Logitech M220 Silent. Dijual di Logitech official store. Saat saya beli sedang promo pula, harganya turun 100K jadi 150K saja. Tidak berpikir lama, langsung saya beli.

Logitech M220 di Logitech official store Tokopedia (harga sudah normal, tidak lagi promo).

Mouse logitech dalam segment ini ada beberapa tipe ya, yang mirip dengan M220 ini adalah M221, harganya sedikit lebih mahal. Bedanya M220 dan M221 adalah M221 punya pilihan warna lebih banyak, ada merah dan biru. Kalau M220 hanya ada warna hitam. Sebenarnya saya naksir sama M221 yang warna biru atau merah, tapi karena harganya lebih mahal, akhirnya saya pilih M220 saja. Agak nyesel juga sih sekarang.

Oke langsung lanjut ke review barangnya ya

Yang didapat saat pembelian

  • Mouse berwarna hitam dengan atas abu-abu. Bertuliskan logitech (bukan logi seperti gambar di toko).
  • Receiver USB berwarna hitam. Bertuliskan logi.
  • Baterai AA Alkalin merek GP.

Yang saya suka

  • Senyaaaaaap. Mouse ini hampir ga ada suaranya kalau di klik. Di masa WFH ini lumayan penting biar ga mengganggu keluarga dengan suara klak klik klak klik.
  • Tombol empuk. Menekan tombol klik di mouse ini sangat empuk sampai kadang kurang yang sudah klik apa belum ya…
  • Design elegan. Design mouse ini tidak revolutioner, ga warna-warni, ada lampunya, dengan 10 tombol. Tapi justru simplicity itu yang membuatnya terlihat wajar, aman, dan elegan. Ga malu-maluin kalau dibawa ke kafe atau ke kantor. Tapi ya memang ga begitu gaya sih.
  • Ergonomis. Mouse ini lumayan enak digenggam. Nyaman untuk dipakai lama-lama. Memang kekurangan mouse kecil itu kurang mantap di genggaman, tapi mouse ini not bad.
  • Baterai awet. Mouse ini menggunakan 1 buah baterai AA, berbeda dengan mouse saya sebelumnya yang menggunakan 2 baterai AAA. Saya sih lebih suka AA ya, lebih mudah dicari. Namun demikian, baterai mouse ini diklaim bisa tahan sampai 18 bulan. Saya baru memakainya selama dua minggu dan belum ganti baterai. Selain itu mouse ini juga dilengkapi sleep mode otomatis saat tidak digunakan yang membuat baterainya semakin awet lagi.
  • Presisi. Selama saya pakai, mouse ini cukup presisi. Belum pernah pointernya lari-lari. Tapi mouse ini belum saya cobain untuk main game shooting seperti CS-GO ya, baru untuk penggunaan normal sehari-hari saja.
  • Bisa di berbagai permukaan. Mouse ini bisa dipakai di berbagai permukaan, baik mouse pad, kertas, plastik, lantai, bahkan kaca.

Yang kurang

  • So far belum ada.

Kesimpulan

Logitech M220 Silent adalah mouse murah meriah dengan fitur silent yang luar biasa senyap. Design yang simple dan elegan serta build yang kokoh membuat mouse ini layak untuk anda beli. Mouse klik dan scroll wheel terasa empuk saat digunakan, membuat pemakaian semakin nyaman. Recommended.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Pilihan