Loading...
Teknologi

Apa Itu Crytocurrency? Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan – Bitcoin, Dogecoin, dkk

Elon Musk, salah satu punggawa teknologi masa kini, sempat membuat heboh dengan meng-endorse salah satu produk cryptocurrency yang bernama Doge coin (DOGE).

Mungkin kamu pernah mengengar juga kata-kata “to the moon”? Biasanya ini dipakai untuk menggambarkan kenaikan nilai coin cryptocurrency yang melonjak tinggi.

Saat ini ada banyak jenis cryptocurrency yang ada di pasaran, search dari Google menampilkan beberapa coin berikut

Bitcoin adalah pelopor cryptocurrency yang sempat booming sekali karena nilai investasinya yang naik ratusan kali lipat. Selain itu ada banyak cryptocurrency lain yang bermunculan untuk menyaingi dan mengikuti kesuksesan bitcoin.

Cryptocurrency masih merupakan hal yang belum lazim di masyarakat kita. Jangankan cryptocurrency, investasi saham pun masih jarang sekali di Indonesia. Namun demikian, ternyata cukup banyak orang Indonesia yang berminat bermain cryptocurrency. Salah satu grup WhatsApp cryptocurrency yang saya ikuti beranggotakan ratusan orang, padahal grup ini hanya untuk alumni SMA saya saja. Bisa dibayangkan betapa besar minat akan cryptocurrency di luar sana, yang tentunya didasari keinginan meraup keuntungan berlihat ganda yang ditawarkan cryptocurrency.

Tapi cryptocurrency itu sebenarnya apa sih?

Cryptocurrency

Cryptocurrency terdiri dari gabungan 2 kata, crypto dan currency.

Crypto adalah singkatan dari cryptography, yang bisa diartikan sebagai mengubah informasi menjadi suatu kode agar isinya lebih terlindungi. Konsepnya mirip dengan sandi seperti sandi morse atau sandi bendera yang dulu kita pelajari di pramuka. Intinya informasi atau kata-kata dibuat agar tidak bisa langsung dibaca atau istilah kerennya enkripsi.

Currency artinya mata uang. Artinya cryptocurrency bisa digunakan seperti uang.

Kok cryptocurrency bisa digunakan sebagai mata uang?

Berharga karena langka

Sebelum kita menggunakan uang kertas dan koin seperti sekarang yang hanya bermodal kepercayaan terhadap pemerintah, kita menggunakan emas sebagai mata uang. Kenapa awalnya emas bisa digunakan sebagai mata uang? Karena emas itu langka. Karena langka dia dianggap berharga. Karena berharga, dia bisa digunakan untuk barter menjadi barang lain. Karena bisa digunakan untuk barter, jadilah ia mata uang.

Cryptocurrency juga sama seperti itu. Walaupun sifatnya digital, yang mana barang digital biasanya bisa dicopy-paste sehingga menjadi banyak, cryptocurrency memiliki sifat langka. Kelangkaan cryptocurrency terjadi karena cara cryptocurrency bisa didapatkan yaitu dengan metode mining yang tidak mudah. Selain itu setiap koin juga memiliki jumlah maksimal yang bisa di-mining pada waktu tertentu, misalnya bitcoin dibatasi oleh penciptanya hanya sejumlah 21 juta koin.

Kelangkaan inilah yang membuat coin cryptocurrency menjadi berharga dan bisa diperjualbelikan.

Apa itu mining crytocurrency?

Dalam dunia cryptocurrency, kerap kali orang menyebut istilah mining yang artinya menambang. Namun menambang cryptocurrency itu bukan dengan pergi ke gunung atau sungai dan memotong batu yang berisi koin crypto. Menambang crypto dilakukan dengan menggunakan komputer untuk mengolah data transaksi dan mendapatkan imbalan atas jasa pengolahan data tersebut dalam bentuk coin.

Analoginya seperti ini, anggap kita punya pohon mangga yang sedang berbuah lebat. Kita ingin menjual mangga ini. Kita minta tolong kepada teman kita untuk menjualkan, mengirim, dan mencatat penjualannya, sebagai imbalan, dia akan kita berikan sebagian mangga.

Kenapa tidak semua orang mining cryptocurrency?

Data yang perlu diolah untuk saat mining cryptocurrency cukup banyak dan butuh perhitungan yang berat. Karena itu untuk mining perlu spec komputer yang mumpuni. Tidak semua orang memiliki spec komputer yang cukup kuat dan rela menggunakan komputer, listrik, dan internetnya untuk mengolah data tersebut.

Cara Kerja Cryptocurrency

Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang menjadi dasar cryptocurrency. Blockchain pada dasarnya adalah pencatatan transaksi, mirip seperti buku besar di akunting, hanya saja buku besar ini terdistribusi ke banyak pihak.

Blockchain, terdiri atas dua kata, block dan chain. Yang dimaksud dengan block adalah baris transaksi. Sedangkan chain adalah tempat penyimpanannya atau database-nya. Analoginya seperti google sheet yang di share ke semua orang, tapi tidak semua orang bisa mengubah isinya.

Kelebihan Cryptocurrency

Tidak dikuasai lembaga tertentu

Cryptocurrency adalah mata uang yang terdesentralisasi. Artinya tidak ada satu lembaga yang menguasainya. Berbagai tipe coin yang ada hanyalah sekedar nama penerbit awalnya, namun setelah itu, coin-coin tersebut tidak lagi bisa diatur oleh penerbit awalnya dan akan mengikuti mekanisme pasar.

Mengikuti mekanisme pasar

Karena sifatnya yang terdesentralisasi, cryptocurrency mengikuti mekanisme pasar. Saat sedang banyak yang berminat atau demand tinggi, harga akan naik. Saat demand turun harga akan turun.

Orang ke orang

Transaksi cryptocurrency dilakukan langsung dari orang ke orang, tanpa adanya perantara bank apalagi lembaga switching yang akan membebankan biaya transfer.

Rahasia

Transaksi menggunakan cryptocurrency sifatnya rahasia. Identitas penjual maupun pembeli tidak diketahui oleh siapapun. Ini bisa jadi kelebihan, bisa juga jadi kekurangan.

Kekurangan Cryptocurrency

Tidak ada lembaga yang menjaminnya

Karena sifatnya yang terdesentralisasi dan peer-to-peer, tidak ada lembaga seperti bank atau LPS yang bisa menjamin coin crypto. Apabila nilainya turun atau terjadi masalah dalam transaksi, ya kita harus usaha sendiri dan menanggung kerugiannya.

Nilainya (saat ini) sangat fluktuatif

Nilainya yang fluktuatif membuat cryptocurrency tenar saat ini sebagai metode investasi. Karena nilainya bisa sewaktu-waktu naik, orang-orang berlomba untuk membelinya dengan harapan cuan yang besar. Namun jangan lupa, high risk high return, kalau dia bisa cepat naik, resikonya ya bisa sebaliknya, cepat turun. Karena itu sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu coin, sebaiknya dipelajari dulu.


Demikian sekilas tentang cryptocurrency, semoga semakin mencerahkan kamu yang ingin berinvestasi di cryptocurrency. Bila ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Pilihan