S2

Serba-serbi Kuliah S2

Kamu mau kuliah S2 tapi masih banyak hal yang bingung? Kuliah S2 berapa tahun? Apakah ada kuliah S2 yang bisa sambil kerja? Kuliah S2 sabtu minggu? Berapa biayanya?

Di tulisan kali ini kita akan coba bahas satu per satu pertanyaan yang sering muncul (frequently asked question) tentang kuliah S2.

Kuliah S2 berapa tahun?

2 tahun (4 semester). Pada umumnya kuliah S2 itu 2 tahun, walaupun ada juga program yang 1.5 tahun (3 semester) seperti di SBM ITB, atau 1 tahun (2 semester) seperti S2 di Inggris.

Adakah kuliah S2 yang sabtu minggu?

Ada. Contohnya di SBM ITB ada kelas yang sabtu minggu yang berjudul Energy Management MBA (ENEMBA) yang kuliahnya sabtu dan minggu.

Bisakah kuliah S2 sambil kerja?

Bisa. Ada banyak program executive MBA (EMBA) yang ditawarkan oleh universitas, contohnya SBM ITB memiliki program BLEMBA, dll. Ada juga program EMBA yang full online seperti yang ditawarkan oleh Quantic.

Berapa biaya kuliah S2?

Untuk biaya tentu bervariasi tergantung kampus dan jurusan. Jurusan bisnis (MBA dan MM) biasanya lebih mahal ketimbang S2 yang lain (teknik, akunting, dll). Secara umum biayanya di kisaran 100jt.

Apakah ada beasiswa untuk kuliah S2?

Tentu ada, contohnya beasiswa LPDP yang ditawarkan pemerintah kita. Selain itu juga ada beasiswa dari lembaga-lembaga yang informasinya bisa kamu tanyakan ke pihak kampus.


Itulah beberapa pertanyaan tentang kuliah S2 yang sering ditanyakan, apabila kamu ada pertanyaan yang belum ada di atas, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *