Blog, MBA

Persiapkan BATNA Sebelum Negosiasi

Negosiasi adalah hal yang sering kita lakukan, sadar atau tidak. Ibu-ibu yang sering berbelanja ke pasar pasti sering tawar-menawar, itu negosiasi. Saat akan pindah kerja dan penawaran gaji, kadang juga ada negosiasi tentang jumlah gaji dan keuntungan lain yang didapat. Negosiasi lain bisa jadi saat memutuskan hendak makan ke mana bersama pasangan. Negosiasi adalah hal yang tidak terhindarkan dalam hidup, jadi adalah hal yang baik untuk belajar cara untuk bernegosiasi dengan lebih baik.

Dalam teori negosiasi, ada yang dinamakan aspirasi atau yang ideal kita dapatkan, ada yang disebut reservasi atau titik minimal yang bisa kita terima, ada juga yang disebut BATNA yaitu best alternative to a negotiated agreement atau alternatif yang bisa kita lakukan apabila negosiasi ini gagal, plan B.

Kenapa BATNA itu penting? BATNA menjadi penting karena dengan adanya BATNA, seseorang akan menjadi lebih tenang karena tahu dirinya memiliki alternatif lain. Ini akan membuat seorang negosiator terhindar dari kondisi negosiasi yang buruk atau terpaksa menerima karena tidak ada pilihan lain. Tapi tentu tidak semua kondisi negosiasi bisa memiliki BATNA, namun tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memikirkan tentang ada atau tidaknya alternatif apabila negosiasi tidak mencapai kata sepakat.

Kapan perlu menyiapkan BATNA? BATNA perlu disiapkan sebelum jalannya negosiasi, saat pikiran masih tenang dan dapat berpikir jernih.

Contoh kasus BATNA:
– Klub sepak bola ingin mengontrak pemain baru untuk menggantikan pemain yang cidera. BATNAnya adalah menggunakan pemain yang sudah ada walaupun masih muda.
– Seorang ingin nego harga saat akan membeli mobil bekas, BATNAnya adalah membeli mobil baru walaupun kelasnya lebih rendah.
– Negosiasi dengan keluarga tentang tujuan liburan tahun baru, BATNAnya adalah liburan di Bali yang sudah pasti semua suka.

Demikian tulisan kali ini, semoga memberi pencerahan tentang apa itu BATNA dan mengapa penting dalam memiliki BATNA dalam setiap negosiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *