Blog

Analisa Fundamental Saham: BJTM – PT BPD Jawa Timur Tbk

Disclaimer: Analisa ini hanya untuk pengetahuan, bukan untuk dijadikan pedoman dalam berinvestasi

Barusan saya nonton YouTube yang membahas deviden, salah satu contoh yang diangkat adalah BJTM, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Wih, menarik juga ya BJTM ini, konsisten membagikan deviden sejak 2013 dengan jumlah yang lumayan. Coba yuk kita lihat bagaimana fundamentalnya, apakah benar bagus dan bisa mendukung pembagian devidennya.

Manajemen

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk adalah bank milik pemerintah propinsi Jawa Timur (51%), berkantor di Surabaya. Masuk bursa sejak Juli 2012, sudah 8 tahun. IPO di harga 430, harga hari ini (19 Nov 2020) di 565.

Manajemen dari BJTM cukup menjanjikan. Saat coba googling nama dirut saat ini, Busrul Iman, tidak ditemukan hasil yang negatif. Busrul Iman sudah lama berkarier di Bank Jatim dan bisa dibilang sudah paham tentang bisnis yang dijalankan.

Fudamental

Rasio cash terhadap pinjaman jangka pendek (current ratio) cukup bagus, 500B kewajiban jangka pendekanya akan bisa ditutup dengan 1.5T cash yang dimiliki dan ada sisa 1T. Great.

Tapi utang jangka panjangnya gede juga ya sampai 72T. Dibanding total asset yang 82.1 T. Saat ini di BJTM mampu melunasi utang jangka panjangnya. Good.

Revenue 6T, net profit 1.5T, oke kelihatannya ini. Saya bukan warga Jatim, jadi kurang tahu performa hariannya, tapi kalau sama dengan Bank DKI, artinya Bank Jatim mendapat proteksi dari pemda. Selain itu BJTM juga kemungkinan mendapat pemasukan dari proses birokrasi di Pemda Jatim, sehingga revenuenya lumayan terjamin.

PER dibawah 10 di angka 6.25x, PBV dibawah 1 di angka 0.92x. Menarik, masih termasuk murah.

Deviden

Seperti yang sudah disebutkan di pembukaan, BJTM setia memberikan deviden sejak tahun 2013 dan angkanya juga selalu naik. Mulai dari 39.47 per lembar saham di 2013, sampai 48.2 per lembar saham di tahun 2020 ini. Jadi ini bagus untuk orang-orang yang mau mencapai keajaiban dunia ke-8 yaitu compounding interest.

Kesimpulan

Dari angka fundamentalnya, tidak heran BJTM bisa bagi dividen setiap tahun. Prospeknya terlihat bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *