:
arfian.agus@gmail.com
 

Tips Kelas Inspirasi

Home » Blog » Tips Kelas Inspirasi

KI Bekasi group photo

Apa itu Kelas Inspirasi?

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi.

(copas dari Website KI)

Intinya KI itu adalah kegiatan satu hari dimana para profesional datang ke SD untuk cerita tentang profesinya. Tujuannya agar anak-anak makin terbuka wawasannya tentang beragam profesi yang ada dan makin terpacu semangatnya untuk mengejar cita-citanya.

Mau jadi relawan Kelas Inspirasi? Begini caranya

  1. Cari informasi tentang pendaftaran Kelas Inspirasi, ini bisa dari:
    • Website Kelas Inspirasi
    • Social media masing-masing KI daerah (contohnya: Instagram KI Bekasi)
    • Teman yang pernah ikut KI juga biasanya punya info KI mana yang sedang membuka pendaftaran dari grup whatsapp KI mereka.
  2. Pastikan periode pendaftaran masih terbuka. Biasanya pendaftaran dibuka beberapa bulan sebelum Hari Inspirasi (hari-H KI). Periode pendaftaran berbeda untuk relawan fasilitator (panitia), dan relawan dokumentator dan inspirator/pengajar.
  3. Klik link pendaftarannya. Biasanya kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi data diri dan kenapa ingin ikut KI.
  4. Tunggu pengumuman.

Profesi apa saja yang bisa ikut di Kelas Inspirasi?

Semua profesi bisa mengajar di Kelas Inspirasi. Namun setahu saya yang profesi guru atau dosen kurang diutamakan. Yang selalu high demand tentu cita-cita mainstream seperti Dokter, Tentara, dan Polisi. Teman KI yang saya tahu profesinya diantaranya: programmer, engineer, chef, akuntan, apoteker, polisi lapas, tentara, dosen, guru, pengusaha. Intinya semua profesi bisa mendaftar, jangan ragu.

Saya kayaknya ga bisa jadi pengajar/inspirator, bisa jadi relawan yang lain?

Kalau kamu belum siap ngajar di kelas, bisa ikut jadi relawan fasilitator atau jadi relawan dokumentator. Relawan dokumentator sudah jelas ya, tugasnya dokumentasi kegiatan, baik foto maupun video. Relawan fasilitator tugasnya sebagai koordinator inspirator, mulai dari briefing awal, menghubungi pihak sekolah, membantu persiapan (membantu ya, tanggung jawab persiapan ada di inspirator), dan lain-lain.

Anak-anak SD sudah punya cita-cita?

Sisil KI Kediri

Sudah. Aneh-aneh pula. Di KI Kediri ada beberapa anak yang cita-citanya jadi pembalap, ada juga yang ingin jadi pemain sepak bola.

Mengajarnya gimana sih?

Sebelum Hari Inspirasi biasanya kamu akan di invite ke grup whatsapp untuk kelompokmu. Di sana nanti akan dipilih ketua, sekretaris, bendahara. Lalu dibahas rundown, jadwal mengajar, budget, dll. Masing-masing inspirator biasanya mengajar 3 sampai 6 kelas, tergantung jumlah kelas dan jumlah relawan. Masing-masing kelas lamanya 30 menit.

Tips mengajar di Kelas Inspirasi

Materi jangan terlalu berat

Kalau profesi kalian agak berat dan penuh jargon seperti programmer atau engineer, coba cari analogi atau cara menjelaskannya dengan mudah. Misalnya “programmer itu seperti tukang bangunan, tapi yang dibangun bukan rumah, melainkan software.”

Hati-hati di kelas rendah (Kelas I, II, III)

korban anak-anak kelas I
korban anak-anak kelas I

Ini tergantung daerahnya sih. Waktu di Kediri kelas rendahnya baik-baik, tapi waktu di Bekasi chaos abis hahaha. Intinya kalau kamu dapat jadwal di kelas rendah (I, II, III), siap-siap mental, jangan stress, siapkan ice breaking yang banyak. Saya sendiri belum tahu cara terbaik menghadapi anak kelas rendah, just do your best.

Perlu Slide? Print A3, jangan bawa proyektor apalagi megang laptop

Alasan pertama karena ribet, lama persiapannya. Lalu tidak semua kelas ada colokan listrik yang mudah, apalagi kalau ada kelas yang kebagian outdoor seperti saya alami di Bekasi. Jadi lebih baik slidenya di print saja dan dipegang.

Latihan membawakan materi

Ini harus banyak-banyak latihan agar tidak blank saat di depan kelas nanti. Kan malu ya… Tipsnya kalau kalian print materi seperti saya, di belakang kertasnya bisa kalin tulis contekan materinya apa dan bagaimana flownya.

Perbanyak materi, minimal bisa cover 30 menit

Ini perlu banget. Karena walaupun biasanya ga full 30 menit, karena ada persiapan dan ice breaking dulu, tapi kadang kita ngomong kecepetan, jadinya baru 15 menit di kelas materi udah abis, terus bingung mau ngapain lagi…

Perbanyak ice breaking, bedakan ice breaking kelas rendah dan kelas tinggi

Ini sudah jelas ya. Ice breaking perlu agar anak-anak semangat dan suasana jadi cair. Perlu dibedakan karena kalau ice breakingnya terlalu kekanakan, anak-anak kelas tinggi (IV, V, VI) biasanya rada males ngikutinnya.

Jangan berikan benda atau hadiah ke anak-anak, tidak disarankan oleh KI, dan kalau tidak dapat yang sama, anak2 bisa iri

I learned this the hard way. Di KI pertama saya di Kediri, saya membawa pensil dan penghapus. Lalu ada anak yang datang terlambat jadi ga kebagian kelas saya dan ga kebagian pensil. Anak itu nangis karena iri sama teman-temannya. Untungnya saya masih punya stok dan bisa ngasih ke dia. Tapi di KI selanjutnya saya ga pernah bawa hadiah-hadiah lagi.

Contoh Ice Breaking

ice breaking
Ice breaking bersama setelah upacara bendera – KI Bekasi 4

Sebagai penutup, ini ada beberapa ice breaking yang mungkin bisa dipakai. Ini beberapa yang saya suka pakai, selain ini masih banyak sekali ice breaking lainnya. Kalau ingin tahu lebih banyak silakan di google aja atau datang saat briefing sebelum KI, biasanya banyak ice breaking yang di share saat briefing oleh fasilitator.

  • Tutup mulut, HAP!
  • Cek, Bum, Ces
  • Satu Jari Kanan, Satu Jari Kiri
  • Baby Shark
  • Tepuk Semangat
  • Atama, Tabako, Tabariri
Posted on