:
arfian.agus@gmail.com
 

Indonesia Punya Net Neutrality Ga Sih?

Home » Blog » Indonesia Punya Net Neutrality Ga Sih?

Net Neutrality = Perlakuan Sama Untuk Semua Data 

Kalau kamu sering buka internet akhir-akhir ini, apalagi di website atau aplikasi seperti 9GAG atau Reddit, kamu pasti sering mendengar istilah “Net Neutrality”. Net neutrality adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan situasi dimana ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Jasa Internet memperlakukan semua data dengan cara yang sama (netral, tidak diskriminatif). Artinya pengguna internet seperti kita bisa mengakses semua konten internet dengan perlakuan yang sama. Yang dimaksud perlakuan yang sama di sini adalah dalam hal akses data. Jadi kalau kamu berlangganan internet di provider A, kamu harus bisa buka website X, aplikasi Y, main game Z dengan akses yang sama tidak peduli kamu pakai internet apa, dari gadget apa, lewat aplikasi apa.

Analoginya begini, misal kamu naik mobil nih dari Kelapa Gading, mau ngapel ke rumah pacar di Mampang. Kamu mau lewat cawang, mau lewat pramuka, mau lewat cempaka putih lebar jalannya harus sama. Mau naik avanza, naik pajero, naik jazz juga lebar jalannya harus sama. Nah kalau kamu mau lewat gatsu dan kena ganjil-genap, terus ga bisa lewat karena mobil kamu plat ganjil padahal hari ini tanggal 2, kamu sudah ga dapat net neutrality.

net neutrality illustrated in traffic
source: imgur

Contoh di Indonesia

Contoh lebih realnya misal kamu berlangganan internet Speedo. Speedo ini kalau kamu buka Yousupe cepet banget karena mereka kerjasama dengan Googuk, tapi kalau kamu buka Vimeong lemot ga kira-kira. Ini artinya Speedo ga netral, lebih mengutamakan traffic ke Yousupe, dan mencekek traffic ke Vimeong.

Terus kalau kamu langganan internet di HP kamu pake Indociat, dan wow kamu dapet bebas kuota kalau denger musik di aplikasi Spotitu! Ini menguntungkan memang, tapi sebenernya bukan net neutrality juga, karena menguntungkan aplikasi Spotitu.

Kamu pernah langganan paket internet terus dapet kuota 30GB, taunya siang cuma 2GB, sisanya 28GB cuma bisa dipake jam kalong tengah malem? Itu juga bukan net neutrality…

Pemblokiran akses ke Vimeo, Reddit, dll oleh operator atas instruksi pemerintah? Bukan net neutrality juga.

Contoh lain misal kamu buka toko online nih, jualan alat elektronik, namanya TunggalIka.com. Kamu bersaing head-to-head sama pemain besar seperti Bineko, ULK, BikinLepek, Tokopakde. Terus traffic ke website-website besar itu sama operator dikasih jalur yang premium, yang kenceng aksesnya, enak lah pokoknya klak klik klak klik ngedip loading beres. Sedangkan ke website kamu trafficnya dicekek. Pelanggan kamu mau buka katalog aja susah minta ampun udah abis sebats belom beres juga loadingnya. Akhirnya calon pelanggan kamu lari semua ke web pemain besar tersebut. Ga adil kan?

Jadi Indonesia punya Net Neutrality ga???

Pertanyaan yang ada di judul artikel ini “Indonesia Punya Net Neutrality Ga Sih?” kayaknya sudah terjawab sendiri ya. Untungnya orang Indonesia sudah biasa ditindas jadinya happy happy aja diginiin ya hahaha.

Izinkan saya menutup dengan everlasting quote dari mantan menkominfo kita yang selalu di hati

https://twitter.com/tifsembiring/status/428771634971811840?lang=en

“Tweeps Budiman, memangnya kalau internetnya cepat mau dipakai buat apa?…:D *MauTauBanget*” – @tifsembiring

Posted on